Kemenhub Kandangkan Lion 737- 900 ER

wingsair-agen.blogspot.com > berita > Kemenhub Kandangkan Lion 737- 900 ER

Kemenhub Kandangkan Lion 737- 900 ER - JAKARTA —Kementrian Perhubungan akhirnya menghentikan sementara seluruh penerbangan maskapai Lion Air jenis Boeing 737-900 ER di bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Kebijakan ini menyusul terjadinya insiden tergelincirnya pesawat di lokasi yang sama sebanyak dua kali dalam waktu hampir berdekatan.

Saat dihubungi JPNN, Rabu (16/2) Kapuspom Publik Kementrian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, langkah Kemenhub menghentikan sementara operasi Lion Air jenis 737-900ER di Bandara SSK II Pekanbaru, merupakan bagian dari penyelidikan dan untuk menghindari kasus serupa kembali terjadi. ‘’Sementara kita hentikan dulu operasional Lion Air jenis 737-900 ER di Pekanbaru untuk mengetahui, mengapa bisa terjadi dua kali insiden kemarin. Apalagi waktunya juga berdekatan sementara pesawat lain tidak ada masalah saat mendarat,’’ kata Bambang.

Kemenhub juga menghentikan seluruh pesawat berjenis Boeing 737-900 ER dari seluruh maskapai penerbangan yang menuju dan dari Bandara SSK II Pekanbaru. Karena dua kali insiden Lion Air di bandara ini, terjadi pada jenis pesawat yang sama.

‘’Mulai hari ini juga, seluruh pesawat dari jenis Boeing 737-900 ER menuju bandara Pekanbaru sementara tidak dioperasikan dulu hingga penyelidikan selesai. Kalau dari ER 400 Lion Air masih boleh terbang,"’ kata Bambang.

Khusus untuk maskapai Lion Air, saat ini Bambang mengatakan tim investigasi dari Kemenhub sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan pemeriksaan. Yang pasti katanya, penyebab insiden terjadi bukanlah faktor lintasan bandara. Bandara SSK II Pekanbaru memang memiliki lintasan yang dikenal pendek yakni hanya sekitar 2.240 meter dengan lebar sekitar 35 meter .

‘’Tapi panjang lintasan ini tidak ada masalah. Semua pilot sudah tahu kondisinya. Apalagi bandara Pekanbaru masih memadai untuk Boeing 737-900 ER yang bisa mendarat minimal di lintasan 1.300 meter . Kalau tidak mencukupi, tidak mungkin kami berikan izin. Kalaupun bermasalah dilintasan, mengapa maskapai lainnya tidak ada masalah? Makanya perlu kami lakukan penyelidikan dulu,’’ tegas Bambang.

Berhentinya operasional Lion Air dan pesawat berjenis Boeing 737-900 ER, diyakini Bambang tidak akan mengganggu aktifitas penumpang dari dan menuju Ibukota Provinsi Riau tersebut. Karena maskapai lainnya dengan pesawat jenis berbeda, masih tetap beroperasi seperti biasa.

Dibandara SSK II yang juga berfungsi sebagai Lanud TNI AU Pekanbaru ini, aktifitas penerbangan terbilang sangat padat. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), bandara SSK II Pekanbaru menjadi pintu gerbang kedua terpadat di wilayah Sumatera setelah bandara Polonia Medan. Sekitar 15,2 ribu wisatawan mancanegara tercatat masuk melalui bandara ini sepanjang tahun 2010 lalu. Sedangkan fluktuasi penumpang setiap tahun meningkat mencapai 2,3 juta dengan sekitar 56 lebih penerbangan setiap hari.

Berdasarkan data dari Kemenhub, bandara SSK II Pekanbaru saat ini melayani 11 perusahaan penerbangan dalam dan luar negeri. Penerbangan domestik terdiri dari Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Airlines, Sriwijaya Air, Riau Air, Wings Air, Pelita Air, Transwisata, dan Aero Transwisata. Sementara maskapai luar negeri yang memanfaatkan bandara ini adalah Air Asia dan Firefly. Terakhir, maskapai Riau Air yang sahamnya mayoritas milik Pemprov Riau juga melayani rute internasional Pekanbaru-Malaka.

‘’Maskapai lainnya masih bisa beroperasi. Kita akan fokus pada pemeriksaan maskapai Lion Air dengan jenis Boeing 737-900 ER saja. Penyelidikan sedang kita lakukan saat ini,’’ kata Bambang yang tidak mengatakan batas waktu penyelidikan.

Sebagaimana diketahui, pesawat Lion Air jenis Boeing 737-900 ER mengalami dua kali insiden dalam kurun waktu berdekatan. Senin (14/2) malam sekitar pukul 09.10 WIB, insiden pertama menimpa pesawat dengan nomor penerbangan JT 392 tujuan Jakarta-Pekanbaru. Berselang sehari kemudian, Selasa (15/2) sekitar pukul 17.00 WIB pesawat dengan nomor penerbangan JT 0295 tujuan Medan-Pekanbaru-Jakarta juga mengalami insiden serupa yakni tergelincir dari runway saat mendarat. Tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dari kedua insiden ini.

Sumber :
http://www.jpnn.com/read/2011/02/16/84503/Kemenhub-Kandangkan-Lion--737--900-ER-
Tags:,

About Us - Kopas Brothers

wingsair-agen.blogspot.com bukan merupakan situs resmi Wings Air, Blog ini merupakan Portal Informasi dan Berita terbaru! tentang Wings Air kami mengupdate setiap hari dan secara teratur setiap informasi terbaru dari maskapai penerbangan ini agar pengunjung blog ini dapat mengikuti perkembangan Wings Air.

Catatan! Semua informasi, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ].
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...