Lion Air Ingin Melenggang ke Bursa Tahun Depan

wingsair-agen.blogspot.com > berita > Lion Air Ingin Melenggang ke Bursa Tahun Depan

Lion Air Ingin Melenggang ke Bursa Tahun Depan - Jakarta - PT Lion Air berencana melepas 30 persen sahamnya pada penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada semester kedua 2012. “Atau kuartal pertama 2013,” kata Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana di Jakarta kemarin.

Selain itu, maskapai itu membidik pangsa pasar penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier hingga 65 persen pada 2012. Rusdi mengatakan pihaknya optimistis dapat meraup dana hingga US$ 1 miliar ata sekitar Rp 9 triliun dalam penawaran saham perdana tahun depan.

Apalagi maskapai ini dinilai cukup diminati investor karena mengoperasikan 79 pesawat, termasuk 15 unit di antaranya dioperasikan Wings Air. Tahun ini, sebanyak 22 pesawat baru, 16 di antaranya Boeing 737-900ER dan enam unit ATR 72-500, didatangkan. Hingga 2016, maskapai ini bakal mengoperasikan 178 pesawat.

Dana hasil penawaran saham perdana hanya digunakan sebagai cadangan karena dana untuk pengembangan bisnis telah didapat dari kredit perbankan asing. “BPN Paribas Bank, DFB Bank, dan Exim Bank telah memberi pinjaman US$ 11,4 miliar sejak beberapa tahun lalu,” kata Rusdi.

Pengamat penerbangan, Ruth Hanna Simatupang, mengatakan rencana go public Lion Air merupakan langkah yang tepat. Bahkan maskapai berlogo singa merah ini bisa melakukannya tahun ini. "Seharusnya dapat dilakukan sebelum Indonesia memulai Open Sky 2015," ujar Ruth.

Ruth mengatakan rencana penggunaan dana hasil IPO sebagai cadangan cukup menarik karena menunjukkan perusahaan ini memiliki permodalan yang kuat. Penawaran saham perdana hanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup jangka panjang.

Ruth secara khusus memberi apresiasi atas kemampuan Lion Air menghadapi krisis. Apalagi maskapai ini dikelola perusahaan keluarga. Terobosan Lion Air dengan membentuk anak perusahaan, Wings Air, maskapai yang memiliki pesawat kecil sebagai pengumpan (feeder), sangat mendukung program pemerintah.

Menurut Ruth, bisnis penerbangan di Indonesia masih menarik. Hal ini dapat dilihat dari pengajuan Air Operator Certificate (AOC) dari perusahaan domestik dan asing kepada otoritas penerbangan nasional. Pertumbuhan penumpang pesawat juga semakin tinggi setiap tahun dengan prediksi 20 persen per tahun.

Sumber Berita :
http://www.tempointeraktif.com/hg/saham/2011/02/10/brk,20110210-312698,id.html
Tags:,

About Us - Kopas Brothers

wingsair-agen.blogspot.com bukan merupakan situs resmi Wings Air, Blog ini merupakan Portal Informasi dan Berita terbaru! tentang Wings Air kami mengupdate setiap hari dan secara teratur setiap informasi terbaru dari maskapai penerbangan ini agar pengunjung blog ini dapat mengikuti perkembangan Wings Air.

Catatan! Semua informasi, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ].
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...